Skip to main content

Sparepart Yang Wajib Ganti Saat Turun Mesin

Halo scoots kali ini gue akan sedikit memberi tips 'Apa aja sih yang harus diganti saat turun mesin?' . Turun mesin atau menurunkan mesin dari body vespa itu pasti hal yang wajib banget buat scooter kalian. Karena kalian tau sendiri vespa 2 tak itu dibuat taun berapa ya kan so pasti setiap 2-4 tahun sekali butuh yang namanya perawatan. Oke langsung aja kita bahas judul di atas.

Berikut beberapa sparepart yang wajib kalian ganti saat turun mesin.

1. Packing/Gasket Set

Packing/Gasket Set(www.ukscooters.com)

Packing adalah benda sepele tapi punya peran besar pada kerja mesin dari sisi luar. Gantilah packing set anda seperti packing set blok cylinder, packing crankcase, packing set karburator, packing set bak perseneling.

2. Bearing/Klaher dan Sealnya

Main Bearings dan Sealnya(www.pedparts.co.uk)

Gantilah klaher pada jeroan mesin seperti bearing set kruk as(kiri dan kanan), bearing roda belakang(kiri dan kanan), bearing komstir dan bearing tromol depan. Disini yang terpenting sebenarnya pada bearing set kruk as karena jika kondisi bearing yang lama sudah tidak bagus putaran kruk as akan tidak stabil sehingga bisa menyebabkan aus pada isapan/rotary vespa anda, jadi alangkah baiknya kita mencegah sebelum merembet ke komponen lain. Untuk merk sendiri kembali ke selera anda tapi denger denger yang bagus dari kualitas dan harga itu merk(maaf bukan promosi) 'Torrington' dan untuk Seal-nya pakailah merk Corteco, Piaggio, dll.


3. Gigi silang/keris/palang

Gigi Silang(www.scooterhelp.com)

Jika vespa kalian dipakai untuk harian dan sudah lama tidak pernah turun mesin part ini wajib diganti. Kenapa harus diganti? Karena gigi silang merupakan main part yang berperan penting pada pengoperasian gigi . Part ini seiring berjalannya pemakaian akan semakin terkikis jadi alangkah baiknya ketika turun mesin gantilah gigi silang daripada menunda - nunda. 

4. Kampas Kopling


Kampas Kopling(www.scooterhelp.com)

Buat yang udah mulai masalah dibagian koplingnya coba cek kampas koplingnya. Cek ketebalanya jika sudah agak menipis silahkan ganti dengan yang baru. Tambahan , ganti stut kopling beserta kuningannya supaya akselerasi mantap.

Stut dan Kuningannya(google.com)




Oke scoots itu saja sedikit tips untuk yang vespanya lagi turun mesin hanya sekedar mengingatkan hehe... Kalo ada masukan lain bisa comment di kolom komentar biar nantinya saya tambahkan ke artikel . Terimakasih salam Vespa Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Vespa 2T

Bingung memilih oli untuk vespa anda? Kali ini saya akan memberikan beberapa tips/rekomendasi untuk memilih oli untuk vespa terutama bermesin 2T. Dalam buku panduan vespa oli yang terbaik untuk vespa yaitu dengan tipe 20w-50 karena pas untuk iklim tropis di Indonesia dan yang terpenting JANGANLAH MEMBELI OLI SYNTHETIC karena tidak cocok untuk mesin vespa yang memiliki kerenggangan agak jauh antara gear. Spesifikasi yang tertera dalam setiap botol oli yaitu dikenal dengan API Service(suatu lembaga sertifikasi pelumas internasional).  Kode Lainnya yang tertera adalah SAE (Society of American Engineers) yang menunjukkan kekentalan oli sesuai dengan kebutuhan mesin.(ujar user toea_gila pada forum IVI). Kode API Service dimulai dari SA SB SC SD SE SF SG SH SJ SL dan yang tertinggi saat ini adalah SM. SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996) SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001) SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004) SM - untuk jen

Penyebab dan Mengatasi Vespa Ngempos/Brebet

Ketika vespa ngempos biasanya :  1. Knalpot menembak nembak(meledak ledak) 2. Karburator meledak ledak 3. Tenaga loyo saat digas/kurang respon Tenang scoots kali ini saya akan membagi ilmu tentang penyebab dan cara mengatasi jika vespa anda ngempos/brebet(bagi yang belum tau).                                                     Biasanya ditandai dengan : 1. Pengapian yang kurang pas 2. Karburator kotor 3. Spuyer kotor(yang belum tau spuyer silahkan searching di google) 4. Busi menghitam 5. Setelan karbu keiritan (lean mixture) 6. Isapan jebol 7. Kondensor & Koil lemah Cara mengatasinya yaitu : 1. Pengapian kurang pas : Cek pengapian dengan cara buka busi lalu cabut kepala koil ,lalu dekatkan kabel koil ke karburator . Api yang bagus yaitu api yang berwarna biru ,jika berwarna merah coba setel lagi platinanya. 2. Karburator kotor : Karburator kotor juga dapat mengganggu kinerja vespa anda, coba anda bersihkan secara rutin sebulan sekali menggunakan

Oli Samping Yang Recommend Buat Vespa

Halo scoot kali ini gue ingin sharing tentang penggunaan oli samping buat vespa yang recommend.  Tapi inget lho ini berdasarkan pengalaman pribadi gue/yang udah gue rasain sendiri pada motor gue. Kebetulan motor yang gue pake itu vespa excel  200   eh 150.  Ngebahas tentang oli samping ya pasti kalian udah ga asing kan? Ya ini berikut daftar - daftar oli samping yang  menurut gue  recommend buat vespa klasik! 1. Eneos City 2T Oli samping yang satu ini menurut ane oli samping buatan Jepang yang enak buat harian maupun jarak jauh. Dan yang harus kalian tau oli ini itu yang bikin ane berpaling dari Castrol hahaha(curhat dikit). Di mesin ga terlalu panas asal rajin ganti oli dan tarikan juga enak, itu sih yang saya rasain setelah saya pake oli itu di vespa saya walaupun baru sekali beli. Efek di busi warnanya sih ga merah bata tapi merah gelap. Oli ini 37-40rb rupiah. 2. Castrol Activ 2T Oli dari keluarga Castrol ini menurut saya bagus juga. M