Halo scoots kali ini gue akan sedikit memberi tips 'Apa aja sih yang harus diganti saat turun mesin?' . Turun mesin atau menurunkan mesin dari body vespa itu pasti hal yang wajib banget buat scooter kalian. Karena kalian tau sendiri vespa 2 tak itu dibuat taun berapa ya kan so pasti setiap 2-4 tahun sekali butuh yang namanya perawatan. Oke langsung aja kita bahas judul di atas.
Berikut beberapa sparepart yang wajib kalian ganti saat turun mesin.
1. Packing/Gasket Set
Packing/Gasket Set(www.ukscooters.com) |
Packing adalah benda sepele tapi punya peran besar pada kerja mesin dari sisi luar. Gantilah packing set anda seperti packing set blok cylinder, packing crankcase, packing set karburator, packing set bak perseneling.
2. Bearing/Klaher dan Sealnya
Main Bearings dan Sealnya(www.pedparts.co.uk) |
Gantilah klaher pada jeroan mesin seperti bearing set kruk as(kiri dan kanan), bearing roda belakang(kiri dan kanan), bearing komstir dan bearing tromol depan. Disini yang terpenting sebenarnya pada bearing set kruk as karena jika kondisi bearing yang lama sudah tidak bagus putaran kruk as akan tidak stabil sehingga bisa menyebabkan aus pada isapan/rotary vespa anda, jadi alangkah baiknya kita mencegah sebelum merembet ke komponen lain. Untuk merk sendiri kembali ke selera anda tapi denger denger yang bagus dari kualitas dan harga itu merk(maaf bukan promosi) 'Torrington' dan untuk Seal-nya pakailah merk Corteco, Piaggio, dll.
3. Gigi silang/keris/palang
Gigi Silang(www.scooterhelp.com) |
Jika vespa kalian dipakai untuk harian dan sudah lama tidak pernah turun mesin part ini wajib diganti. Kenapa harus diganti? Karena gigi silang merupakan main part yang berperan penting pada pengoperasian gigi . Part ini seiring berjalannya pemakaian akan semakin terkikis jadi alangkah baiknya ketika turun mesin gantilah gigi silang daripada menunda - nunda.
4. Kampas Kopling
Buat yang udah mulai masalah dibagian koplingnya coba cek kampas koplingnya. Cek ketebalanya jika sudah agak menipis silahkan ganti dengan yang baru. Tambahan , ganti stut kopling beserta kuningannya supaya akselerasi mantap.
Oke scoots itu saja sedikit tips untuk yang vespanya lagi turun mesin hanya sekedar mengingatkan hehe... Kalo ada masukan lain bisa comment di kolom komentar biar nantinya saya tambahkan ke artikel . Terimakasih salam Vespa Indonesia.
Kampas Kopling(www.scooterhelp.com) |
Buat yang udah mulai masalah dibagian koplingnya coba cek kampas koplingnya. Cek ketebalanya jika sudah agak menipis silahkan ganti dengan yang baru. Tambahan , ganti stut kopling beserta kuningannya supaya akselerasi mantap.
Stut dan Kuningannya(google.com) |
Oke scoots itu saja sedikit tips untuk yang vespanya lagi turun mesin hanya sekedar mengingatkan hehe... Kalo ada masukan lain bisa comment di kolom komentar biar nantinya saya tambahkan ke artikel . Terimakasih salam Vespa Indonesia.
Comments
Post a Comment