Skip to main content

Cara Pasang Piston/Seher Vespa

Piston merupakan bagian terpenting pada kinerja mesin. Piston yang baik adalah piston yang memiliki kompresi yang tinggi dan tenaga yang kuat. Standar piston yang baik memiliki jarak antara piston dengan lubang bore yaitu selisih 0,2mm. Buat yang vespanya  udah mulai loyo dan kompresinya kurang nendang cek lah kondisi piston kalian. Untuk harga pasaran piston vespa di pasaran yaitu berkisar antara 70-200.000 tergantung kualitas dan bahkan ada yang menjual lebih dari itu untuk yang kondisinya NOS(New Old Stock). Berikut cara memasang piston pada Vespa PX 150 dan posisi boring terpisah dari crankcase. 

Barang yang diperlukan :
- Piston kit
- Oli samping
- Packing blok
- Tang circlips
- Small-End Bearing (bearing stang seher)


Belilah piston yang sesuai ukuran boring anda yang berisi 2 ring piston,circlips pengunci dan pinnya.


Ambil 1 ring dan coba sesuaikan ukuran ring dengan diameter lubang boring apakah sudah pas atau tidak, jika tidak pas lakukan penyesuaian atau bawalah ke bengkel bubut.


Ketika anda mengganti piston lama dengan yang baru usahakan ganti juga bearingnya dengan yang baru scoots.


Pasang kembali ring piston dan pasang pinnya untuk menghubungkan piston dengan setang seher.


Jangan lupa pasang circlips dengan menggunakan tang circlips(dibutuhkan kesabaran untuk memasang bagian ini).


Piston yang sudah terpasang sempurna.


Pasang packing set boring yang baru.


Pasang kembali boring dengan menekan boring ke dalam(diperlukan sedikit trik dan hati hati untuk memasang bagian ini). Sebelum anda memasang lumuri bagian dalam boringan dengan oli samping untuk mempermudah pemasangan.


Setelah boring terpasang putar kipas magnet untuk mengetes kelancaran gerak piston.


Bersihkanlah head dari sisa-sisa pembakaran dengan polishing atau menggunakan sabun detergen. Setelah bersih lalu pasang kembali head.


Untuk pemasangan baut head lakukan pengencangan dengan menyilang


Terimakasih banyak pada Scooter Help untuk tips beserta gambarnya.


Comments

Popular posts from this blog

Penyebab dan Mengatasi Vespa Ngempos/Brebet

Ketika vespa ngempos biasanya :  1. Knalpot menembak nembak(meledak ledak) 2. Karburator meledak ledak 3. Tenaga loyo saat digas/kurang respon Tenang scoots kali ini saya akan membagi ilmu tentang penyebab dan cara mengatasi jika vespa anda ngempos/brebet(bagi yang belum tau).                                                     Biasanya ditandai dengan : 1. Pengapian yang kurang pas 2. Karburator kotor 3. Spuyer kotor(yang belum tau spuyer silahkan searching di google) 4. Busi menghitam 5. Setelan karbu keiritan (lean mixture) 6. Isapan jebol 7. Kondensor & Koil lemah Cara mengatasinya yaitu : 1. Pengapian kurang pas : Cek pengapian dengan cara buka busi lalu cabut kepala koil ,lalu dekatkan kabel koil ke karburator . Api yang bagus yaitu api yang berwarna biru ,jika berwarna merah coba setel lagi platinanya. 2. Karburator kotor : Karburator kotor juga dapat mengganggu kinerja vespa anda, coba anda bersihkan secara rutin sebulan sekali menggunakan

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Vespa 2T

Bingung memilih oli untuk vespa anda? Kali ini saya akan memberikan beberapa tips/rekomendasi untuk memilih oli untuk vespa terutama bermesin 2T. Dalam buku panduan vespa oli yang terbaik untuk vespa yaitu dengan tipe 20w-50 karena pas untuk iklim tropis di Indonesia dan yang terpenting JANGANLAH MEMBELI OLI SYNTHETIC karena tidak cocok untuk mesin vespa yang memiliki kerenggangan agak jauh antara gear. Spesifikasi yang tertera dalam setiap botol oli yaitu dikenal dengan API Service(suatu lembaga sertifikasi pelumas internasional).  Kode Lainnya yang tertera adalah SAE (Society of American Engineers) yang menunjukkan kekentalan oli sesuai dengan kebutuhan mesin.(ujar user toea_gila pada forum IVI). Kode API Service dimulai dari SA SB SC SD SE SF SG SH SJ SL dan yang tertinggi saat ini adalah SM. SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996) SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001) SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004) SM - untuk jen

Oli Samping Yang Recommend Buat Vespa

Halo scoot kali ini gue ingin sharing tentang penggunaan oli samping buat vespa yang recommend.  Tapi inget lho ini berdasarkan pengalaman pribadi gue/yang udah gue rasain sendiri pada motor gue. Kebetulan motor yang gue pake itu vespa excel  200   eh 150.  Ngebahas tentang oli samping ya pasti kalian udah ga asing kan? Ya ini berikut daftar - daftar oli samping yang  menurut gue  recommend buat vespa klasik! 1. Eneos City 2T Oli samping yang satu ini menurut ane oli samping buatan Jepang yang enak buat harian maupun jarak jauh. Dan yang harus kalian tau oli ini itu yang bikin ane berpaling dari Castrol hahaha(curhat dikit). Di mesin ga terlalu panas asal rajin ganti oli dan tarikan juga enak, itu sih yang saya rasain setelah saya pake oli itu di vespa saya walaupun baru sekali beli. Efek di busi warnanya sih ga merah bata tapi merah gelap. Oli ini 37-40rb rupiah. 2. Castrol Activ 2T Oli dari keluarga Castrol ini menurut saya bagus juga. M