Piston merupakan bagian terpenting pada kinerja mesin. Piston yang baik adalah piston yang memiliki kompresi yang tinggi dan tenaga yang kuat. Standar piston yang baik memiliki jarak antara piston dengan lubang bore yaitu selisih 0,2mm. Buat yang vespanya udah mulai loyo dan kompresinya kurang nendang cek lah kondisi piston kalian. Untuk harga pasaran piston vespa di pasaran yaitu berkisar antara 70-200.000 tergantung kualitas dan bahkan ada yang menjual lebih dari itu untuk yang kondisinya NOS(New Old Stock). Berikut cara memasang piston pada Vespa PX 150 dan posisi boring terpisah dari crankcase.
Barang yang diperlukan :
- Piston kit
- Oli samping
- Packing blok
- Tang circlips
- Small-End Bearing (bearing stang seher)
Belilah piston yang sesuai ukuran boring anda yang berisi 2 ring piston,circlips pengunci dan pinnya.
Ambil 1 ring dan coba sesuaikan ukuran ring dengan diameter lubang boring apakah sudah pas atau tidak, jika tidak pas lakukan penyesuaian atau bawalah ke bengkel bubut.
Ketika anda mengganti piston lama dengan yang baru usahakan ganti juga bearingnya dengan yang baru scoots.
Pasang kembali ring piston dan pasang pinnya untuk menghubungkan piston dengan setang seher.
Jangan lupa pasang circlips dengan menggunakan tang circlips(dibutuhkan kesabaran untuk memasang bagian ini).
Piston yang sudah terpasang sempurna.
Pasang packing set boring yang baru.
Pasang kembali boring dengan menekan boring ke dalam(diperlukan sedikit trik dan hati hati untuk memasang bagian ini). Sebelum anda memasang lumuri bagian dalam boringan dengan oli samping untuk mempermudah pemasangan.
Setelah boring terpasang putar kipas magnet untuk mengetes kelancaran gerak piston.
Bersihkanlah head dari sisa-sisa pembakaran dengan polishing atau menggunakan sabun detergen. Setelah bersih lalu pasang kembali head.
Untuk pemasangan baut head lakukan pengencangan dengan menyilang
Terimakasih banyak pada Scooter Help untuk tips beserta gambarnya.
Comments
Post a Comment