Skip to main content

Tips Agar Vespa Tetap Irit

Sumber : http://modernvespa.com/


" Oke scoots apakah kalian pernah mengalami boros bensin pada vespa anda? atau sampe sekarang masih ngalamin? Buat yang pernah ngalamin so pastinya gondok sekali kan hehehe. Kali ini gue akan ngebagiin sedikit tips buat kalian yang ngalamin boros bensin pada vespanya.
 
Apasih yang bikin boros?

- Penyebab yang bikin bensin boros biasanya tuh dari setelan karburator, spek mesin yang diatas standar, kondisi isapan, dan cara pemakaian, itu yang gue tau.

Trus gimana cara ngatasinya?

- Pertama, lakukanlah servis rutin pada karburator. 
Karena karburator sangat berperan penting pada konsumsi bensin jadi sering-seringlah merawat karbu seperti penggantian packing, pembersihan parts karbu dan penyetelan yang pas. Lakukan penggantian packing(gasket) minimal 1 bulan sekali karena jika packing sudah tidak layak bisa menyebabkan rembes bensin, so jadi bensin lo kebuang gitu aja kan sayang. Lalu setelah mengganti packing sekalian pisahkan parts karbu seperti spuyer, deksel, dll. Lakukan pembersihan pada parts karbu terutama pada deksel dan dudukan spuyer supaya tidak ada kotoran yang mengendap. Setelah semua selesai pasang packing lalu pasang kembali karbunya tinggal melakukan penyetelan yang pas.
TIPS : Ketika memasang spuyer kencangkan sesuai dratnya misalkan sudah mentok jangan dipaksakan lagi atau dikendorkan.

- Kedua, cek kondisi isapan.
Isapan yang udah lebar atau kemakan juga sangat berpengaruh besar pada konsumsi bensin. Karena jika sudah lebar menyebabkan bensin yang dari karbu jatuh pada tempat yang salah atau luber ke crankcase belakang. So jadi bensin lo bakal kebuang juga disini. Buat yang isapanya sudah kena bisa diatasi dengan membubutnya ke ukuran standar atau bisa juga memodifikasi dudukan karbu dengan menggunakan intake.

Nah itu sedikit tips yang bisa saya bagikan sisanya yaa tergantung spek mesin anda dan cara pengurutan gas/cara pemakaian anda sendiri.


Jika tips ini membantu silahkan share ke teman teman anda dan klik iklannya juga ya hehe. Terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab dan Mengatasi Vespa Ngempos/Brebet

Ketika vespa ngempos biasanya :  1. Knalpot menembak nembak(meledak ledak) 2. Karburator meledak ledak 3. Tenaga loyo saat digas/kurang respon Tenang scoots kali ini saya akan membagi ilmu tentang penyebab dan cara mengatasi jika vespa anda ngempos/brebet(bagi yang belum tau).                                                     Biasanya ditandai dengan : 1. Pengapian yang kurang pas 2. Karburator kotor 3. Spuyer kotor(yang belum tau spuyer silahkan searching di google) 4. Busi menghitam 5. Setelan karbu keiritan (lean mixture) 6. Isapan jebol 7. Kondensor & Koil lemah Cara mengatasinya yaitu : 1. Pengapian kurang pas : Cek pengapian dengan cara buka busi lalu cabut kepala koil ,lalu dekatkan kabel koil ke karburator . Api yang bagus yaitu api yang berwarna biru ,jika berwarna merah coba setel lagi platinanya. 2. Karburator kotor : Karburator kotor juga dapat mengganggu kinerja vespa anda, coba anda bersihkan secara rutin sebulan sekali menggunakan

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Vespa 2T

Bingung memilih oli untuk vespa anda? Kali ini saya akan memberikan beberapa tips/rekomendasi untuk memilih oli untuk vespa terutama bermesin 2T. Dalam buku panduan vespa oli yang terbaik untuk vespa yaitu dengan tipe 20w-50 karena pas untuk iklim tropis di Indonesia dan yang terpenting JANGANLAH MEMBELI OLI SYNTHETIC karena tidak cocok untuk mesin vespa yang memiliki kerenggangan agak jauh antara gear. Spesifikasi yang tertera dalam setiap botol oli yaitu dikenal dengan API Service(suatu lembaga sertifikasi pelumas internasional).  Kode Lainnya yang tertera adalah SAE (Society of American Engineers) yang menunjukkan kekentalan oli sesuai dengan kebutuhan mesin.(ujar user toea_gila pada forum IVI). Kode API Service dimulai dari SA SB SC SD SE SF SG SH SJ SL dan yang tertinggi saat ini adalah SM. SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996) SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001) SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004) SM - untuk jen

Oli Samping Yang Recommend Buat Vespa

Halo scoot kali ini gue ingin sharing tentang penggunaan oli samping buat vespa yang recommend.  Tapi inget lho ini berdasarkan pengalaman pribadi gue/yang udah gue rasain sendiri pada motor gue. Kebetulan motor yang gue pake itu vespa excel  200   eh 150.  Ngebahas tentang oli samping ya pasti kalian udah ga asing kan? Ya ini berikut daftar - daftar oli samping yang  menurut gue  recommend buat vespa klasik! 1. Eneos City 2T Oli samping yang satu ini menurut ane oli samping buatan Jepang yang enak buat harian maupun jarak jauh. Dan yang harus kalian tau oli ini itu yang bikin ane berpaling dari Castrol hahaha(curhat dikit). Di mesin ga terlalu panas asal rajin ganti oli dan tarikan juga enak, itu sih yang saya rasain setelah saya pake oli itu di vespa saya walaupun baru sekali beli. Efek di busi warnanya sih ga merah bata tapi merah gelap. Oli ini 37-40rb rupiah. 2. Castrol Activ 2T Oli dari keluarga Castrol ini menurut saya bagus juga. M