Skip to main content

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Vespa 2T

Bingung memilih oli untuk vespa anda? Kali ini saya akan memberikan beberapa tips/rekomendasi untuk memilih oli untuk vespa terutama bermesin 2T. Dalam buku panduan vespa oli yang terbaik untuk vespa yaitu dengan tipe 20w-50 karena pas untuk iklim tropis di Indonesia dan yang terpenting JANGANLAH MEMBELI OLI SYNTHETIC karena tidak cocok untuk mesin vespa yang memiliki kerenggangan agak jauh antara gear. Spesifikasi yang tertera dalam setiap botol oli yaitu dikenal dengan API Service(suatu lembaga sertifikasi pelumas internasional). Kode Lainnya yang tertera adalah SAE (Society of American Engineers) yang menunjukkan kekentalan oli sesuai dengan kebutuhan mesin.(ujar user toea_gila pada forum IVI).




Kode API Service dimulai dari SA SB SC SD SE SF SG SH SJ SL dan yang tertinggi saat ini adalah SM.
SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996)
SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001)
SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004)
SM - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2005 - keatas)


Berikut daftar oli untuk vespa :

1. Shell Helix Hx3 1 liter

Harga dipasaran 29rb-40rb

2. Pertamina Enduro 4T 20w-50
Harga pasaran 35rb-40rb
Berikut quote from: wiyastra on pada situs VIO
pakai Pertamina Enduro 20w-50 yang 1 liter atau pertamina enduro 4T racing 10W-40 1 liter juga, maaf ini bukan promosi dan saya pakai ini karena mudah didapat, harga rasional, dan hasil lumayan bagus asal gak dapat yg palsu. merk lain yg lebih bagus sepertinya banyak kl melihat testimoni dari teman2 yg lain. yang jenis pertama harganya 30 ribu dan yg kedua 35 ribu. saya pilih 1 liter agar bisa 2 kali pakai, dan rata2 penggantian oli saya (tiap pemakaian 500ml) adalah 12-14 minggu tuk enduro yg biasa dan bisa hingga 16 minggu tuk enduro racing. saya pakai oli ini sejak 2005 gak gonta-ganti dan waktu turun mesin tambal lubang isap 2008, transmisinya bener2 bersih tanpa lumpur. tapi sebenarnya pakai merk lain asal mutunya jelas juga gak kalah, malah sapa tahu lebih bagus. saya pernah lihat teman yg biasa pakai repsol lalu pas turun mesin, transmisinya jg bersih dari lumpur.

3. Oli GGI,Ultralube(botol putih lancip)

Harga pasaran 7rb-10rb
Harga pasaran 11rb
Mungkin oli yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi anak scooter , banyak pendapat dari konsumen oli ini ada yang bilang oli seharga ceban(10rb) sudah cukup bagus melumasi mesin vespa dan juga ada yang berpendapat oli ini kurang bagus, jadi itu semua kembali kepada masing-masing konsumennya.

4. Castrol Activ 20W-50

5. Agip Super 4T SAE 20W-50 API SL


Itu adalah beberapa rekomendasi untuk memilih oli untuk vespa kalian, kesimpulanya tergantung selera pada konsumen tetapi alangkah baiknya kita memilih yang terbaik walau harga agak mahal.




Comments

  1. makasih bro sudah membagikan tips tentang motor vespa. sangat membantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan sama sama . Saling berbagi ilmu aja hehe

      Delete
  2. Tapi gan pakai oli enduro yang 10w-40 itu olinya SYNTHETIC gan...? Semantara agan bilang gak cocok pakai SYNTHETIC

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas kalo saya salah,tapi saya nulisnya 20w-50 bukan 10w-40. Kalo 10w-40(enduro racing) itu testi dr member VIO mas

      Delete
  3. Itu shell helix buat mobil bukan motor. Awas nanti vespa kesayangan jadi perkedel

    ReplyDelete
  4. Bang kalo pmakayan nya .1 ltr apa 800 atau gmana bangg ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 0.5 liter aja bro kaya sebotol oli ggi(tutup lancip)

      Delete
  5. Kalau misalkan pke oli yg ggi itu sebotol dihabiskan atau disisakan kalau pke oli yg ggi

    ReplyDelete
  6. Bg numpang pencerahannya dong, vespa ane klaw diajak ngebut sedikit bergetar semua gitu knapa yaa,sebelumnya gak bergetar gitu

    ReplyDelete
  7. Di cek karet shock belakangnya,rumah kopling,klaher kruk asnya bang

    ReplyDelete
  8. Mau tanay ni bang vespa ane mesinnya cpt panas dan oli mesinnya berkurang
    Itu knp yaaa

    ReplyDelete
  9. Packing mesinnya ada yg bocor ga bang?

    ReplyDelete
  10. Bang mau tanya dong, baiknya kalo isapan vespa udh kemakan mending ditambah daging atau tambel pake lem gitu bang? Makasih.

    ReplyDelete
  11. mending di tambah daging dan dibubut ulang aja lur. Kalo cuma di lem besi pasti bakal nyembur lagi kedepannya

    ReplyDelete
  12. Bang setiap 1 liter bensin, ditambah oli seberapa?

    ReplyDelete
  13. 2/3/4% per liternya. Biar gampang setiap isi 1 liter kasih 2-2,5 tutup oli samping

    ReplyDelete
  14. bengkel vespa d semarang dmn ya lur?

    ReplyDelete
  15. waduh mas kurang tau , saya bukan orang semarang soalnya hehe

    ReplyDelete
  16. Mas klaw pake oli mesin Enduro sama aja kan yaaa

    ReplyDelete
  17. iya mas sama aja. Enduro bisa pakai 2-3x isi itu

    ReplyDelete
  18. Kalau oli mesin harus 2t juga atau bisa 4t bang

    ReplyDelete
  19. *Mau tanya nih mas, kalau roda belakang goyang/ngoplok gitu,
    apa aja yg harus di ganti ya?
    Apa aja yg harus di cek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek bagian ini mas,semoga membantu
      1. coba di lepas dulu tromolnya lalu goyangkan as rodanya, kalau as roda ikut goyang berarti bearing as roda belakang sudah minta diganti
      2. jika as roda belakang masih kokoh/kuat saat digoyangkan kemungkinan dari gigi tromol yg sudah kemakan
      3. baut tromol yg kurang kencang

      Delete
  20. bang ane habis ganti oli mesin pake agip super 4t kok malah ngebul sih asapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya ga ngaruh mas broo, soalnya oli mesin di vespa untuk melumasi gearbox saja.. kemungkinan seal2nya minta di ganti masbroo..

      Delete
  21. Baru tau aku bang kirain oli mesin vespa cuma ggi doang, kalo pake merk lain juga bisa toh? Asalkan yg 20w-50 bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sesuai untuk cuaca di indonesia disarankan 20w-50 bang, tapi kalo mau coba ukuran kekentalan yang lain boleh banget baang

      Delete
  22. Kalo pake motul 3000 20w:50
    Api service SL
    Rekomend engga sih bang
    Saya penasaran sama oli mesin itu buat scooter saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oli bagus itu bang, cuma saya belum pernah coba sih hehe

      Delete
  23. Bro, saya kan beli oli samping buat vespa 2t nah dikasihnya malah mesran 2t yang OB, sedangkan saya liat temen saya pakenya mesran yang SUPER. Pertanyaannya apakah mesran OB bisa buat vespa? Soalnya saya baru sadar juga pas dirumah dan coba balik lagi buat dituker gataunya ga bisa.
    Mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info dari website pertaminanya sih gini om,

      Mesrania 2T OB
      Pelumas ini adalah dari golongan viskositas SAE 30 dan dimaksudkan untuk keperluan pembuatan bensin campur di luar tangki bahan bakar, dengan perbandingan yang dianjurkan oleh pabrik mesin yang bersangkutan. Pelumas ini juga cocok untuk pelumasan injeksi (oli samping) pada mesin bensin dua langkah jenis tertentu. Pelumas ini digunakan untuk mesin bensin dua langkah (two stroke) berpendingin udara seperti pada sepeda motor, bajaj, bemo, mesin pemotong rumput, mesin gergaji, generator dua langkah, dan lain-lain.

      Delete
  24. Bg saya pake oli enduro racing buat oli campur vespa,itu gmn ya ya bg,ada yg bilang bagus,ada jga yg bilang kurang bagus soalnya dia 4 tak,mohon rekomendasinya trmksh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Penyebab dan Mengatasi Vespa Ngempos/Brebet

Ketika vespa ngempos biasanya :  1. Knalpot menembak nembak(meledak ledak) 2. Karburator meledak ledak 3. Tenaga loyo saat digas/kurang respon Tenang scoots kali ini saya akan membagi ilmu tentang penyebab dan cara mengatasi jika vespa anda ngempos/brebet(bagi yang belum tau).                                                     Biasanya ditandai dengan : 1. Pengapian yang kurang pas 2. Karburator kotor 3. Spuyer kotor(yang belum tau spuyer silahkan searching di google) 4. Busi menghitam 5. Setelan karbu keiritan (lean mixture) 6. Isapan jebol 7. Kondensor & Koil lemah Cara mengatasinya yaitu : 1. Pengapian kurang pas : Cek pengapian dengan cara buka busi lalu cabut kepala koil ,lalu dekatkan kabel koil ke karburator . Api yang bagus yaitu api yang berwarna biru ,jika berwarna merah coba setel lagi platinanya. 2. Karburator kotor : Karburator kotor juga dapat mengganggu kinerja vespa anda, coba anda bersihkan secara rutin sebulan sekali menggunakan

Oli Samping Yang Recommend Buat Vespa

Halo scoot kali ini gue ingin sharing tentang penggunaan oli samping buat vespa yang recommend.  Tapi inget lho ini berdasarkan pengalaman pribadi gue/yang udah gue rasain sendiri pada motor gue. Kebetulan motor yang gue pake itu vespa excel  200   eh 150.  Ngebahas tentang oli samping ya pasti kalian udah ga asing kan? Ya ini berikut daftar - daftar oli samping yang  menurut gue  recommend buat vespa klasik! 1. Eneos City 2T Oli samping yang satu ini menurut ane oli samping buatan Jepang yang enak buat harian maupun jarak jauh. Dan yang harus kalian tau oli ini itu yang bikin ane berpaling dari Castrol hahaha(curhat dikit). Di mesin ga terlalu panas asal rajin ganti oli dan tarikan juga enak, itu sih yang saya rasain setelah saya pake oli itu di vespa saya walaupun baru sekali beli. Efek di busi warnanya sih ga merah bata tapi merah gelap. Oli ini 37-40rb rupiah. 2. Castrol Activ 2T Oli dari keluarga Castrol ini menurut saya bagus juga. M