Skip to main content

Tanda - Tanda Tromol Belakang Vespa Aus/Dol

Roda Belakang(google.com)

Pernah gak kalian ngalamin yang namanya tromol aus? Pasti panik panik gimana gitu hehe, apalagi kalo kejadianya di jalan raya/tempat asing jauh dari rumah makin tambah parah itu braaay!
Tenang yang namanya tromol akan aus pasti ditandai dengan beberapa masalah kecil yang bakal kalian rasain ketika mengendarai si semok. Oke scoots kali ini saya akan memberikan sedikit tips yang sudah saya alami sendiri ketika tromol akan aus, yuk simak gejala-gejalanya!

1. Pengereman sering tidak pakem

Ketika tromol akan aus biasanya ditandai dengan sering mengendornya pengereman pada roda belakang. Coba kalian praktekin, ketika pengereman mulai gak pakem lalu kalian kencangkan tali remnya maka dalam beberapa hari akan cepat kendornya( dalam catatan kampas masih tebal )

2. Mur tromol sering kendor

Disini juga ketika tromol belakang akan mulai aus mur roda belakang sering kendor walaupun kalian kencangkan. Coba kalian praktekan kencangkan mur lalu lakukan perjalanan, jika dalam beberapa hari kedepan mur kembali kendor maka positif tromol anda mulai aus ( dalam catatan kondisk as roda dan mur tidak dol/selek )

3. Raba gigi tromolnya

Gigi tromol terletak dilubang bulatan pada tengah tromol. Raba dan perhatikan, jika ujung gigi tromol mulai tidak lancip maka cepatlah ganti dengan tromol baru/copotan tapi kondisi bagus.

4. Vespa akan jalan ditempat

Nah ini tanda tanda yang paling benar alias no hoax. Ketika tromol sudah aus maka vespa kalian bakalan jalan ditempat. Disini yang saya maksud jalan ditempat yaitu ketika kalian memasukan perseneling ke gigi 1 maka vespa kalian hanya diam ditempat ketika kopling dilepas pun vespa tidak akan mati .

Jadi jika kalian sudah mengalami nomor 1 sampai 3 lebih baik kalian ganti tromolnya ya sebelom berabe, mending kejadianya masih deket-deket rumah/bengkel/kerabat begimana kalo pas lagi touring trus di daerah pelosok kan ngeri hahaha. Oke hanya itu sedikit tips dari saya, jika saya salah mohon koreksinya dan jika bermanfaat bisa kalian share ke temen-temen, Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab dan Mengatasi Vespa Ngempos/Brebet

Ketika vespa ngempos biasanya :  1. Knalpot menembak nembak(meledak ledak) 2. Karburator meledak ledak 3. Tenaga loyo saat digas/kurang respon Tenang scoots kali ini saya akan membagi ilmu tentang penyebab dan cara mengatasi jika vespa anda ngempos/brebet(bagi yang belum tau).                                                     Biasanya ditandai dengan : 1. Pengapian yang kurang pas 2. Karburator kotor 3. Spuyer kotor(yang belum tau spuyer silahkan searching di google) 4. Busi menghitam 5. Setelan karbu keiritan (lean mixture) 6. Isapan jebol 7. Kondensor & Koil lemah Cara mengatasinya yaitu : 1. Pengapian kurang pas : Cek pengapian dengan cara buka busi lalu cabut kepala koil ,lalu dekatkan kabel koil ke karburator . Api yang bagus yaitu api yang berwarna biru ,jika berwarna merah coba setel lagi platinanya. 2. Karburator kotor : Karburator kotor juga dapat mengganggu kinerja vespa anda, coba anda bersihkan secara rutin sebulan sekali menggunakan

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Vespa 2T

Bingung memilih oli untuk vespa anda? Kali ini saya akan memberikan beberapa tips/rekomendasi untuk memilih oli untuk vespa terutama bermesin 2T. Dalam buku panduan vespa oli yang terbaik untuk vespa yaitu dengan tipe 20w-50 karena pas untuk iklim tropis di Indonesia dan yang terpenting JANGANLAH MEMBELI OLI SYNTHETIC karena tidak cocok untuk mesin vespa yang memiliki kerenggangan agak jauh antara gear. Spesifikasi yang tertera dalam setiap botol oli yaitu dikenal dengan API Service(suatu lembaga sertifikasi pelumas internasional).  Kode Lainnya yang tertera adalah SAE (Society of American Engineers) yang menunjukkan kekentalan oli sesuai dengan kebutuhan mesin.(ujar user toea_gila pada forum IVI). Kode API Service dimulai dari SA SB SC SD SE SF SG SH SJ SL dan yang tertinggi saat ini adalah SM. SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996) SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001) SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004) SM - untuk jen

Oli Samping Yang Recommend Buat Vespa

Halo scoot kali ini gue ingin sharing tentang penggunaan oli samping buat vespa yang recommend.  Tapi inget lho ini berdasarkan pengalaman pribadi gue/yang udah gue rasain sendiri pada motor gue. Kebetulan motor yang gue pake itu vespa excel  200   eh 150.  Ngebahas tentang oli samping ya pasti kalian udah ga asing kan? Ya ini berikut daftar - daftar oli samping yang  menurut gue  recommend buat vespa klasik! 1. Eneos City 2T Oli samping yang satu ini menurut ane oli samping buatan Jepang yang enak buat harian maupun jarak jauh. Dan yang harus kalian tau oli ini itu yang bikin ane berpaling dari Castrol hahaha(curhat dikit). Di mesin ga terlalu panas asal rajin ganti oli dan tarikan juga enak, itu sih yang saya rasain setelah saya pake oli itu di vespa saya walaupun baru sekali beli. Efek di busi warnanya sih ga merah bata tapi merah gelap. Oli ini 37-40rb rupiah. 2. Castrol Activ 2T Oli dari keluarga Castrol ini menurut saya bagus juga. M