(google.com) |
Berikut beberapa model knalpot racing vespa :
1. Kanan Panjang
2. Kolong Kiri
3. Kolong Kanan(Udang)
Yang pertama #Kanan Panjang
Kelebihan :
- Karena perut knalpot kecil performa lebih ke RPM menengah keatas(mengejar top speed)
- Cocok untuk kompetisi
- Cocok untuk touring
- Cocok untuk harian bagi yang tinggal di daerah yang lenggang
- Konsumsi bensin tidak seboros kolong kanan
- Saat melepas ban dan tromol belakang tidak perlu melepas knalpot
- Suara lebih garing dan mantap
Kekurangan :
- Ketika ingin membuka baut pembuangan oli mesin harus mencopot knalpot terlebih dahulu
- Tarikan kurang responsif untuk RPM awal-menengah
- Leheran rawan gasruk/terkena aspal
- Saat mengganti tali rem harus mencopot knalpot terlebih dahulu
Yang kedua #Kolong Kiri
Kelebihan :
- Karena perut lebih besar dan silincer panjang membuat akselerasi dan top speed stabil
- Ketika mengganti oli tidak perlu mencopot knalpot
- Resiko gasruk/lecet pada leher tidak terlalu besar
- Harga lebih murah
- Tidak ribet ketika ingin menyetel tali kopling dan rem belakang tanpa mencopot knalpot
- Tidak ribet ketika ingin membuka baut pembuangan oli mesin
Kekurangan :
- Ribet ketika ingin melepas tromol/ban belakang
- Silincer mentok dengan ban serep bagi vespa yang memiliki ban serep di kiri
- Leheran rawan gasruk/terkena aspal
Yang ketiga #Kolong Kanan atau Kanan Pendek ( Udang )
Kelebihan :
- Karakter suara lebih keras dan garang
- Tarikan sangat responsif karena silincer yang pendek
- Cocok untuk harian untuk di lingkungan padat penduduk
- Saat melepas tromol dan ban belakang tidak perlu melepas knalpot
- Harga lebih murah
Kekurangan :
- Bensin lebih boros
- Ribet ketika ingin menyetel tali kopling
- Ribet ketika ingin membuka baut pembuangan oli mesin
- Silincer sering gasruk/lecet terkena aspal bahkan penyok penyok
- Karena karakter suara lebih keras maka suara lebih bising
#Kesimpulan , Tips diatas hanya sekedar tips&masukan dan semuanya tidak selamanya benar karena pada dasarnya performa knalpot racing tergantung kualitas produk dan setelan mesin vespa anda sendiri. Pastinya buat yang ingin hijrah ke knalpot racing harus siap tanggung resiko konsumsi BBM ya!. Semoga bermanfaat terimakasih.
Baca Juga : Mengatasi Vespa Brebet
Baca Juga : Mengatasi Vespa Brebet
Comments
Post a Comment