Skip to main content

Oli Samping Yang Recommend Buat Vespa

Halo scoot kali ini gue ingin sharing tentang penggunaan oli samping buat vespa yang recommend. 

Tapi inget lho ini berdasarkan pengalaman pribadi gue/yang udah gue rasain sendiri pada motor gue. Kebetulan motor yang gue pake itu vespa excel 200  eh 150. 

Ngebahas tentang oli samping ya pasti kalian udah ga asing kan? Ya ini berikut daftar - daftar oli samping yang menurut gue recommend buat vespa klasik!

1. Eneos City 2T






Oli samping yang satu ini menurut ane oli samping buatan Jepang yang enak buat harian maupun jarak jauh. Dan yang harus kalian tau oli ini itu yang bikin ane berpaling dari Castrol hahaha(curhat dikit). Di mesin ga terlalu panas asal rajin ganti oli dan tarikan juga enak, itu sih yang saya rasain setelah saya pake oli itu di vespa saya walaupun baru sekali beli. Efek di busi warnanya sih ga merah bata tapi merah gelap. Oli ini 37-40rb rupiah.


2. Castrol Activ 2T
Oli dari keluarga Castrol ini menurut saya bagus juga. Mungkin ini oli terlama yang saya pake sejak beli vespa. Ane pake oli ini udah satu tahun lebih ya hasilnya memang cukup bagus. Warna busi merah pucat(ada yang bilang sempurna ada juga yang bilang ngga), tarikan juga enak kok buat harian/touring. Tapi kekuranganya oli ini tuh lebih panas di mesin dibanding sama Eneos. Harga oli ini biasa dipasaran dengan harga 31-35rb rupiah. Ini dia penampakanya warna busi setelah pake oli ini .



3. Idemitsu


Oli yang satu ini mungkin udah ga asing lagi buat penggemar 2 tak seperti Vespa,Ninja maupun RX Series. Oli ini sangat ramah di mesin maupun dikantong walaupun harganya masih diatas Castrol dan Eneos sih hehehe. Tapi bagi pengalaman pribadi saya, saya sudah pernah pake oli ini 2x. Menurut saya ketika pakai oli ini bensin terasa lebih irit dibanding oli lainnya dan tarikan pun mantap. Oli ini biasa dijual pasaran dengan harga Rp.48-52rb rupiah.

4. Pertamina Mesrania





Saya pernah pakai oli keluaran pertamina ini hasilnya cukup memuaskan untuk mesin standard, yaa hampir sama seperti memakai Eneos. Hanya yang membedakan menggunakan oli ini yaitu lebih banyak asapnya saja selebihnya sama. Harganya pun tidak jauh dengan Eneos yaitu kisaran 36-38rb rupiah. 

5. Eni Ride 2T



Oli keluaran Agip dengan kemasan baru ini saya belum pernah memakai. Tapi saya melihat testimoni dari pengguna oli ini mereka bilang sangat memuaskan untuk harga yang terjangkau. Oli ini diharga kisaran 18-25rb rupiah untuk harga toko(saya pernah nanya langsung di kebon jeruk 3).

Mungkin ada yang mau nambahin pengalaman selain oli di atas? Yuk silahkan coret2 di kolom komentar


Comments

  1. Kalo ane sih pake oli samping merek shell , idemitshu , agip , r30 rotary , mesrania 2t , atau ngeracik oli murahan jadi oli racing perbandingan 100ml : 800ml contohnya castrol di mixing sama r30 rotary atau shell aslii enak tarikannya , ke busi juga aman , sekher juga keraknya gak tebel ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih om atas sharingnya, semoga pengalaman om bisa menambah ilmu buat pembaca =D

      Delete
  2. Wah mantap bang.
    Jangan lupa mampir ya
    www.rodaracing.com

    ReplyDelete
  3. Idemitsu kata temen" lumayan untuk jangka panjang mau nyoba ah saya dari dulu sampe skrng make castrol hehe otw pindah idemitsu deh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Vespa 2T

Bingung memilih oli untuk vespa anda? Kali ini saya akan memberikan beberapa tips/rekomendasi untuk memilih oli untuk vespa terutama bermesin 2T. Dalam buku panduan vespa oli yang terbaik untuk vespa yaitu dengan tipe 20w-50 karena pas untuk iklim tropis di Indonesia dan yang terpenting JANGANLAH MEMBELI OLI SYNTHETIC karena tidak cocok untuk mesin vespa yang memiliki kerenggangan agak jauh antara gear. Spesifikasi yang tertera dalam setiap botol oli yaitu dikenal dengan API Service(suatu lembaga sertifikasi pelumas internasional).  Kode Lainnya yang tertera adalah SAE (Society of American Engineers) yang menunjukkan kekentalan oli sesuai dengan kebutuhan mesin.(ujar user toea_gila pada forum IVI). Kode API Service dimulai dari SA SB SC SD SE SF SG SH SJ SL dan yang tertinggi saat ini adalah SM. SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996) SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001) SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004) SM - untuk jen

Penyebab dan Mengatasi Vespa Ngempos/Brebet

Ketika vespa ngempos biasanya :  1. Knalpot menembak nembak(meledak ledak) 2. Karburator meledak ledak 3. Tenaga loyo saat digas/kurang respon Tenang scoots kali ini saya akan membagi ilmu tentang penyebab dan cara mengatasi jika vespa anda ngempos/brebet(bagi yang belum tau).                                                     Biasanya ditandai dengan : 1. Pengapian yang kurang pas 2. Karburator kotor 3. Spuyer kotor(yang belum tau spuyer silahkan searching di google) 4. Busi menghitam 5. Setelan karbu keiritan (lean mixture) 6. Isapan jebol 7. Kondensor & Koil lemah Cara mengatasinya yaitu : 1. Pengapian kurang pas : Cek pengapian dengan cara buka busi lalu cabut kepala koil ,lalu dekatkan kabel koil ke karburator . Api yang bagus yaitu api yang berwarna biru ,jika berwarna merah coba setel lagi platinanya. 2. Karburator kotor : Karburator kotor juga dapat mengganggu kinerja vespa anda, coba anda bersihkan secara rutin sebulan sekali menggunakan