Skip to main content

Mengatasi Busi Mati Total Saat Darurat

Suryalavista.blogspot.com - Pernahkah anda mengalami busi mati saat diperjalanan? Terutama buat anak vespa yang businya sering bermasalah atau boros busi hehe. Yuk kita ulik dulu peran dan fungsi busi!




Busi memiliki peranan penting dalam sistem pengapian pada kendaraan bermotor.

Fungsi busi yakni untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan koil, menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin yang telah dikompresi.

Biasanya busi mati disebakan korosi pada ujung tembaga yang menyebabkan listrik dari coil tidak tersalur ke elektroda dan otomatis gap busi tidak mengeluarkan bunga api.

Cara ini saya dapat dari mas Asrul Scooters yang di share di grup Tanya Jawab Masalah Vespa.

Cara ini sudah dipraktekan pada busi NGK untuk Vespa oleh mas Arul dan ini testimoni dari mas Arul "Tarikan mantap, pembakaran sempurna" 

Langsung kita ke tutorialnya aja bray!

Alat yang harus kita persiapkan :
- Kunci busi
- Tang

Caranya :
1. Lepas busi dari head
2. Taruh busi di kunci busi
3. Jepit bagian Terminal busi (ujung busi bagian luar) dengan menggunakan tang
4. Putar tang berlawanan arah jarum jam dan tahan menggunakan kunci busi (jika sulit saat membuka bisa panaskan terlebih dahulu terminal busi di kompor)
5. Setelah Terminal terlepas dari keramik busi masukan tembaga -+5cm ke dalam lubang terminal
6. Pasang kembali Terminal ke badan busi
7. Cek dengan memasang kembali busi ke head blok lalu nyalakan motor



Apabila langkah - langkah diatas kurang jelas bisa simak videonya !


Perlu diperhatikan cara ini bisa kalian praktekan saat hanya coba-coba dan keadaan darurat saja (darurat dijalan/darurat dompet) karena saya juga tidak tau untuk efek negatifnya (buat yang tau bisa berbagi pada kolom komentar).

Sekian tutorial 'Mengakali Busi Yang Mati Total Saat Darurat' dari saya, Terimakasih.

Kata Kunci : busi vespa mati,mengakali busi mati,menghidupkan kembali busi yang mati,tips busi bekas hidup kembali


Comments

Popular posts from this blog

Penyebab dan Mengatasi Vespa Ngempos/Brebet

Ketika vespa ngempos biasanya :  1. Knalpot menembak nembak(meledak ledak) 2. Karburator meledak ledak 3. Tenaga loyo saat digas/kurang respon Tenang scoots kali ini saya akan membagi ilmu tentang penyebab dan cara mengatasi jika vespa anda ngempos/brebet(bagi yang belum tau).                                                     Biasanya ditandai dengan : 1. Pengapian yang kurang pas 2. Karburator kotor 3. Spuyer kotor(yang belum tau spuyer silahkan searching di google) 4. Busi menghitam 5. Setelan karbu keiritan (lean mixture) 6. Isapan jebol 7. Kondensor & Koil lemah Cara mengatasinya yaitu : 1. Pengapian kurang pas : Cek pengapian dengan cara buka busi lalu cabut kepala koil ,lalu dekatkan kabel koil ke karburator . Api yang bagus yaitu api yang berwarna biru ,jika berwarna merah coba setel lagi platinanya. 2. Karburator kotor : Karburator kotor juga dapat mengganggu kinerja vespa anda, coba anda bersihkan secara rutin sebulan sekali menggunakan

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Vespa 2T

Bingung memilih oli untuk vespa anda? Kali ini saya akan memberikan beberapa tips/rekomendasi untuk memilih oli untuk vespa terutama bermesin 2T. Dalam buku panduan vespa oli yang terbaik untuk vespa yaitu dengan tipe 20w-50 karena pas untuk iklim tropis di Indonesia dan yang terpenting JANGANLAH MEMBELI OLI SYNTHETIC karena tidak cocok untuk mesin vespa yang memiliki kerenggangan agak jauh antara gear. Spesifikasi yang tertera dalam setiap botol oli yaitu dikenal dengan API Service(suatu lembaga sertifikasi pelumas internasional).  Kode Lainnya yang tertera adalah SAE (Society of American Engineers) yang menunjukkan kekentalan oli sesuai dengan kebutuhan mesin.(ujar user toea_gila pada forum IVI). Kode API Service dimulai dari SA SB SC SD SE SF SG SH SJ SL dan yang tertinggi saat ini adalah SM. SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996) SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001) SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004) SM - untuk jen

Oli Samping Yang Recommend Buat Vespa

Halo scoot kali ini gue ingin sharing tentang penggunaan oli samping buat vespa yang recommend.  Tapi inget lho ini berdasarkan pengalaman pribadi gue/yang udah gue rasain sendiri pada motor gue. Kebetulan motor yang gue pake itu vespa excel  200   eh 150.  Ngebahas tentang oli samping ya pasti kalian udah ga asing kan? Ya ini berikut daftar - daftar oli samping yang  menurut gue  recommend buat vespa klasik! 1. Eneos City 2T Oli samping yang satu ini menurut ane oli samping buatan Jepang yang enak buat harian maupun jarak jauh. Dan yang harus kalian tau oli ini itu yang bikin ane berpaling dari Castrol hahaha(curhat dikit). Di mesin ga terlalu panas asal rajin ganti oli dan tarikan juga enak, itu sih yang saya rasain setelah saya pake oli itu di vespa saya walaupun baru sekali beli. Efek di busi warnanya sih ga merah bata tapi merah gelap. Oli ini 37-40rb rupiah. 2. Castrol Activ 2T Oli dari keluarga Castrol ini menurut saya bagus juga. M