Skip to main content

Bingung Kelistrikan Vespa Mati Total? Ini Penyebabnya!

Suryawan(03/04/2017) - Hai scoot balik lagi dengan ane. Kali ini ane mau berbagi ilmu tentang 'Penyebab&Mengatasi Kelistrikan Vespa Mati Total' khususnya seri PX/PS/Excel yang memakai kunci kontak&kunci stang menyatu(yang misah mungkin hampir sama tapi gatau juga soalnya belum pernah liat secara langsung). Jadi begini scoot kemarin vespa ane kelistrikannya MATOT alias MATI TOTAL yang nyala cuma lampu depan dan lampu belakang untuk bagian lainnya tidak nyala seperti lampu sein,klakson,starter, oh iya vespa yang ane pake excel 150(pamer dikit hehe). Dan ane kali ini mau share ilmu ke kalian dari kejadian kemarin.  Oke langsung kembali ke judul.
1. Cek Ignition Switch

Buat yang belom tau apa itu ignition switch ini ada dibalik idung/dasi vespa jadi harus dilepas dulu idung/dasinya . Begini penampakannya :

Coba di cek apakah ada kabel yang terlepas dari solderan/tidak . Jika tidak ada artinya aman.

2. Cek Kabel Arus Aki
(Sumber : http://haris-web.blogspot.co.id)
Lihat kabel merah (+) jalur dari kiprok(yang ada sekringnya) lepas kabel tersebut dari aki lalu tempelkan ke ground (-). Jika tidak ada percikan api artinya sekringnya putus. Jika sekring putus beli lah ke toko/bengkel motor apa saja(gak harus toko vespa) yang 10A/15A harga satuannya sekitar Rp.2000-2500. Begini penampakan sekringnya :


Jika sudah beli sekring pasang kembali dan coba ulangi tempelkan kabel merah yang dari kiprok/regulator ke ground aki dan lihat percikan api muncul atau tidak. Jika muncul tandanya sekring anda yang menjadi penyebab kelistrikan mati karena kiprok tidak bisa terisi oleh aki. Jika sudah pasang kembali kabel merah ke (+) aki lalu nyalakan kunci kontak ke posisi ON dan tekan tombol klakson. Jika klakson berbunyi kelistrikan kembali aman, dan juga cek lampu sein,dan starternya(jika sudah pakai). Jika klakson tidak bunyi ada masalah lain mungkin dari kiprok yang sudah lemah/ada kabel yang putus atau aki yang mulai soak.

Ok sekian ilmu yang bisa saya share ke kalian. Jika anda suka dengan artikel ini silahkan share artikel ini ke grup/teman kalian . Terimakasih wassalamualaikum wr. wb.

Comments

  1. bang, kalo sekering nya putus mulu kenapa ya? padahal sekering yg dipake 15 Ampere..mohon pencerahan nyaaa bang

    ReplyDelete
  2. sekring putus biasanya ada tegangan yang terlalu tinggi/korsleting bang. Kelistrikan abang apa gaada yang konrslet sebelumnya?
    #CMIWW

    ReplyDelete
  3. Penyebab lampu vespa mati semua apa bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, punya saya juga tiba2 lampu nya mati semua apa spulnya yg udh uzur?

      Delete
    2. Sama bang excel saya juga mati semua lampunya

      Delete
  4. Bg punya saya juga gk hidup klakson dan lampu sein nya, padahala sekering gk putus
    Uda saya coba tempelkan kabel sekering nya ke positif ttp gk ada api
    Kira2 apa bg penyebabnya

    ReplyDelete
  5. Bang vespa saya aki ny baru awal nya enak aja d starter jalan kira kira 50 meter tiba tiba ga mau lg di starter kenapa ya, terus vespa excel saya ga ketemu skring nya dmana

    ReplyDelete
  6. Bang, saya pakai px 82, masih platina, pas jalan tiba2 kelistrikan mati total, kayak lampu depan , belakang, klakson, sein, sama indikator bensin mati, vespanya masih jalan, dan vespa saya gak pakai aki

    ReplyDelete
  7. Bg .. vespa saya exlusive 2 .. kalo di Aki tidak pakai sekring bisa tidak bg??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, cuma bakalan bahaya di kiproknya kalo ada yg korslet om, cmiiw

      Delete
  8. Punya sy exclusive 2 udh pasang stater tangan, awalnya hnya aki tekor terus di cas akinya, dipasang lagi pas di kontak malah ga on smua, di stater hidup, tapi kyk ga pake aki, tegangan listrik naik turun, lampu redup" ,sy cek skring aman smua kira" apanya ya bg

    ReplyDelete
  9. Terimakasih saya haturkan untuk masnya yg udah tulis artikel ini. Karenanya masalah vespa saya terpecahkan. Semoga Allah Swt. Yg membalas kebaikan masnya🙏🙏

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Penyebab dan Mengatasi Vespa Ngempos/Brebet

Ketika vespa ngempos biasanya :  1. Knalpot menembak nembak(meledak ledak) 2. Karburator meledak ledak 3. Tenaga loyo saat digas/kurang respon Tenang scoots kali ini saya akan membagi ilmu tentang penyebab dan cara mengatasi jika vespa anda ngempos/brebet(bagi yang belum tau).                                                     Biasanya ditandai dengan : 1. Pengapian yang kurang pas 2. Karburator kotor 3. Spuyer kotor(yang belum tau spuyer silahkan searching di google) 4. Busi menghitam 5. Setelan karbu keiritan (lean mixture) 6. Isapan jebol 7. Kondensor & Koil lemah Cara mengatasinya yaitu : 1. Pengapian kurang pas : Cek pengapian dengan cara buka busi lalu cabut kepala koil ,lalu dekatkan kabel koil ke karburator . Api yang bagus yaitu api yang berwarna biru ,jika berwarna merah coba setel lagi platinanya. 2. Karburator kotor : Karburator kotor juga dapat mengganggu kinerja vespa anda, coba anda bersihkan secara rutin sebulan sekali menggunakan

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Vespa 2T

Bingung memilih oli untuk vespa anda? Kali ini saya akan memberikan beberapa tips/rekomendasi untuk memilih oli untuk vespa terutama bermesin 2T. Dalam buku panduan vespa oli yang terbaik untuk vespa yaitu dengan tipe 20w-50 karena pas untuk iklim tropis di Indonesia dan yang terpenting JANGANLAH MEMBELI OLI SYNTHETIC karena tidak cocok untuk mesin vespa yang memiliki kerenggangan agak jauh antara gear. Spesifikasi yang tertera dalam setiap botol oli yaitu dikenal dengan API Service(suatu lembaga sertifikasi pelumas internasional).  Kode Lainnya yang tertera adalah SAE (Society of American Engineers) yang menunjukkan kekentalan oli sesuai dengan kebutuhan mesin.(ujar user toea_gila pada forum IVI). Kode API Service dimulai dari SA SB SC SD SE SF SG SH SJ SL dan yang tertinggi saat ini adalah SM. SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996) SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001) SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004) SM - untuk jen

Oli Samping Yang Recommend Buat Vespa

Halo scoot kali ini gue ingin sharing tentang penggunaan oli samping buat vespa yang recommend.  Tapi inget lho ini berdasarkan pengalaman pribadi gue/yang udah gue rasain sendiri pada motor gue. Kebetulan motor yang gue pake itu vespa excel  200   eh 150.  Ngebahas tentang oli samping ya pasti kalian udah ga asing kan? Ya ini berikut daftar - daftar oli samping yang  menurut gue  recommend buat vespa klasik! 1. Eneos City 2T Oli samping yang satu ini menurut ane oli samping buatan Jepang yang enak buat harian maupun jarak jauh. Dan yang harus kalian tau oli ini itu yang bikin ane berpaling dari Castrol hahaha(curhat dikit). Di mesin ga terlalu panas asal rajin ganti oli dan tarikan juga enak, itu sih yang saya rasain setelah saya pake oli itu di vespa saya walaupun baru sekali beli. Efek di busi warnanya sih ga merah bata tapi merah gelap. Oli ini 37-40rb rupiah. 2. Castrol Activ 2T Oli dari keluarga Castrol ini menurut saya bagus juga. M