Skip to main content

Tips Ganti Oli Vespa Yang Baik dan Benar


Halo scoot, kali ini ane mau memberi tips cara mengganti oli mesin yang baik dan benar untuk vespa kesayangan. Jadi kemarin ane diberi ilmu sama Uwa(Paman) ane soal cara mengganti oli mesin yang bener . Nah berikut ane jelasin secara ringkas yaa..

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan :

1.Vespa dalam kondisi dingin/belum dinyalakan
Jadi ketika mau ganti oli usahakan vespa dalam kondisi belum dipanaskan/digunakan soalnya kalo sudah dinyalakan/dipanaskan maka ada sisa oli yg masih nempel di dalemanya.

2.Ambil waktu dipagi hari/subuh
Hanya saran ambilah waktu dipagi hari karena biasanya di pagi hari motor masih dalam keadaan dingin dan usahakan ketika malam buka lubang pembuangan oli sampai ketemu subuh/pagi supaya olinya keluar semua

Nah langsung aja ke tips penggantianya..

1.Beli oli baru (GGI,Pertamina,dll) yang ber SAE 40 (oli rekomend bisa liat di artikel ini) dan oli encer
2.Setelah oli yang di mesin terkuras habis tutup kembali baut pembuanganya dan isi kembali pake oli encer yg tipe SAE 10(bisa beli di toko oli mobil yg drum-an beli aja 1/2 liter) atau bisa juga pake solar
3.Nyalakan vespa 10 menitan biarin langsam dan jangan terlalu di gas2 dulu,setelah 10 menit nyala matikan vespa dan buang kembali oli yg di mesin . Supaya lebih bersih semprot sisanya pake kompresor/carb cleaner
4.Tutup kembali baut pembuangan oli kalo sudah kira2 turun semua oli yg dimesin lalu isi dengan oli mesin yg sudah dibeli tadi.Isi sampai penuh kalo sudah penuh tutup lagi lubang pengisianya
5.Nyalakan vespa lalu rasakan bedanya...

Yaa itu beberapa tips dari paman ane dan udah ane rasain lebih enak setelah diganti oli pake cara itu ,itu cuma tips ya scoot mau diikutin/tidak itu pilihan sendiri sendiri . Jika anda suka dengan artikel ini silahkan share ke teman2 anda ,wassalualaikum wr. wb.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab dan Mengatasi Vespa Ngempos/Brebet

Ketika vespa ngempos biasanya :  1. Knalpot menembak nembak(meledak ledak) 2. Karburator meledak ledak 3. Tenaga loyo saat digas/kurang respon Tenang scoots kali ini saya akan membagi ilmu tentang penyebab dan cara mengatasi jika vespa anda ngempos/brebet(bagi yang belum tau).                                                     Biasanya ditandai dengan : 1. Pengapian yang kurang pas 2. Karburator kotor 3. Spuyer kotor(yang belum tau spuyer silahkan searching di google) 4. Busi menghitam 5. Setelan karbu keiritan (lean mixture) 6. Isapan jebol 7. Kondensor & Koil lemah Cara mengatasinya yaitu : 1. Pengapian kurang pas : Cek pengapian dengan cara buka busi lalu cabut kepala koil ,lalu dekatkan kabel koil ke karburator . Api yang bagus yaitu api yang berwarna biru ,jika berwarna merah coba setel lagi platinanya. 2. Karburator kotor : Karburator kotor juga dapat mengganggu kinerja vespa anda, coba anda bersihkan secara rutin sebulan sekali menggunakan

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Vespa 2T

Bingung memilih oli untuk vespa anda? Kali ini saya akan memberikan beberapa tips/rekomendasi untuk memilih oli untuk vespa terutama bermesin 2T. Dalam buku panduan vespa oli yang terbaik untuk vespa yaitu dengan tipe 20w-50 karena pas untuk iklim tropis di Indonesia dan yang terpenting JANGANLAH MEMBELI OLI SYNTHETIC karena tidak cocok untuk mesin vespa yang memiliki kerenggangan agak jauh antara gear. Spesifikasi yang tertera dalam setiap botol oli yaitu dikenal dengan API Service(suatu lembaga sertifikasi pelumas internasional).  Kode Lainnya yang tertera adalah SAE (Society of American Engineers) yang menunjukkan kekentalan oli sesuai dengan kebutuhan mesin.(ujar user toea_gila pada forum IVI). Kode API Service dimulai dari SA SB SC SD SE SF SG SH SJ SL dan yang tertinggi saat ini adalah SM. SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996) SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001) SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004) SM - untuk jen

Oli Samping Yang Recommend Buat Vespa

Halo scoot kali ini gue ingin sharing tentang penggunaan oli samping buat vespa yang recommend.  Tapi inget lho ini berdasarkan pengalaman pribadi gue/yang udah gue rasain sendiri pada motor gue. Kebetulan motor yang gue pake itu vespa excel  200   eh 150.  Ngebahas tentang oli samping ya pasti kalian udah ga asing kan? Ya ini berikut daftar - daftar oli samping yang  menurut gue  recommend buat vespa klasik! 1. Eneos City 2T Oli samping yang satu ini menurut ane oli samping buatan Jepang yang enak buat harian maupun jarak jauh. Dan yang harus kalian tau oli ini itu yang bikin ane berpaling dari Castrol hahaha(curhat dikit). Di mesin ga terlalu panas asal rajin ganti oli dan tarikan juga enak, itu sih yang saya rasain setelah saya pake oli itu di vespa saya walaupun baru sekali beli. Efek di busi warnanya sih ga merah bata tapi merah gelap. Oli ini 37-40rb rupiah. 2. Castrol Activ 2T Oli dari keluarga Castrol ini menurut saya bagus juga. M