Skip to main content

Mengatasi Vespa Speleng

Nah pada halaman ini saya akan membagi cara mengatasi vespa speleng berdasarkan pengalaman saya ingat ya berdasarkan PENGALAMAN SAYA jadi kalau ada kesalahan mohon diberi saran dari master" hehe. Langsung saja kita lanjut pada judul halaman.

Cara mengatasi dari beberapa part berikut : 
1. Velg/Pelek/Rim
Apabila masalahnya dari velg anda dapat melihat jika velg anda sudah tidak presisi dari bentuk asalnya atau istilahnya sudah tidak center(simetris)
2. Tromol
Jika dari tromol cara memastikan tromol anda ada masalah/tidaknya dengan cara mengencangkan mur tromol dan kencangkan mur-mur velg dan putar roda. Jika gerakan putarnya masih tidak lurus berarti tromol anda sudah termakan
3. Komstir/Mangkok komsitr

Masalah dari komstir dapat dirasakan jika pada saat pengereman stang menjadi goyang tidak beraturan seperti mau lepas dan jika dari mangkok komstir coba di cek jika pemasangannya kurang tepat dan mangkok lahernya berubah posisi
4. AS Roda

Wah kalo part yang satu ini agak ribet mengeceknya . Kalau as roda yang depan harus buka fork segala yang prosesnya agak rumit dan kalau as roda belakang tambah ribet hehe kita harus turun mesin dan belah mesin dulu baru ketauan masalahnya 
5. AS Ayun

Untuk mengecek kelayakan as ayun dengan cek kondisi lengan ayun dengan cara melihat posisi simetris ban depan dan belakang. Jika tidak simetris, kemungkinan adalah lengan ayun dalam kondisi rusak.
6. Fork/Porek/Garpu

Untuk melihat masalah pada fork dapat dilihat dari bentuk kesimetrisan fork
7. Shockbreaker
Coba cek karet karet shockbreaker dan shockbreakernya jika sudah usia/rusak gantilah dengan yang baru dan coba cek pemasangan antara shock dengan karet shock saling mengikat/tidak juga dapat menyebabkan speleng
8. Laher/Bearing

Laher/bearing yang bermasalah dapat dirasakan ketika motor didorong ,jika terasa ada bunyi yang aneh pada roda seperti benda bergesekan tandanya bearing/lahernya sudah minta diganti.

Kesimpulan : Jika beberapa part diatas bermasalah coba minta servis oleh bengkel jika kerusakanya masih ringan dan jika sudah tidak layak pakai gantilah dengan yang baru . Dan usahakan ganti dengan part yang ori seperti Danmotor,Piaggio dan beberapa merk dari Italy karena walaupun mahal kualitas pasti terjamin.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab dan Mengatasi Vespa Ngempos/Brebet

Ketika vespa ngempos biasanya :  1. Knalpot menembak nembak(meledak ledak) 2. Karburator meledak ledak 3. Tenaga loyo saat digas/kurang respon Tenang scoots kali ini saya akan membagi ilmu tentang penyebab dan cara mengatasi jika vespa anda ngempos/brebet(bagi yang belum tau).                                                     Biasanya ditandai dengan : 1. Pengapian yang kurang pas 2. Karburator kotor 3. Spuyer kotor(yang belum tau spuyer silahkan searching di google) 4. Busi menghitam 5. Setelan karbu keiritan (lean mixture) 6. Isapan jebol 7. Kondensor & Koil lemah Cara mengatasinya yaitu : 1. Pengapian kurang pas : Cek pengapian dengan cara buka busi lalu cabut kepala koil ,lalu dekatkan kabel koil ke karburator . Api yang bagus yaitu api yang berwarna biru ,jika berwarna merah coba setel lagi platinanya. 2. Karburator kotor : Karburator kotor juga dapat mengganggu kinerja vespa anda, coba anda bersihkan secara rutin sebulan sekali menggunakan

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Vespa 2T

Bingung memilih oli untuk vespa anda? Kali ini saya akan memberikan beberapa tips/rekomendasi untuk memilih oli untuk vespa terutama bermesin 2T. Dalam buku panduan vespa oli yang terbaik untuk vespa yaitu dengan tipe 20w-50 karena pas untuk iklim tropis di Indonesia dan yang terpenting JANGANLAH MEMBELI OLI SYNTHETIC karena tidak cocok untuk mesin vespa yang memiliki kerenggangan agak jauh antara gear. Spesifikasi yang tertera dalam setiap botol oli yaitu dikenal dengan API Service(suatu lembaga sertifikasi pelumas internasional).  Kode Lainnya yang tertera adalah SAE (Society of American Engineers) yang menunjukkan kekentalan oli sesuai dengan kebutuhan mesin.(ujar user toea_gila pada forum IVI). Kode API Service dimulai dari SA SB SC SD SE SF SG SH SJ SL dan yang tertinggi saat ini adalah SM. SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996) SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001) SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004) SM - untuk jen

Oli Samping Yang Recommend Buat Vespa

Halo scoot kali ini gue ingin sharing tentang penggunaan oli samping buat vespa yang recommend.  Tapi inget lho ini berdasarkan pengalaman pribadi gue/yang udah gue rasain sendiri pada motor gue. Kebetulan motor yang gue pake itu vespa excel  200   eh 150.  Ngebahas tentang oli samping ya pasti kalian udah ga asing kan? Ya ini berikut daftar - daftar oli samping yang  menurut gue  recommend buat vespa klasik! 1. Eneos City 2T Oli samping yang satu ini menurut ane oli samping buatan Jepang yang enak buat harian maupun jarak jauh. Dan yang harus kalian tau oli ini itu yang bikin ane berpaling dari Castrol hahaha(curhat dikit). Di mesin ga terlalu panas asal rajin ganti oli dan tarikan juga enak, itu sih yang saya rasain setelah saya pake oli itu di vespa saya walaupun baru sekali beli. Efek di busi warnanya sih ga merah bata tapi merah gelap. Oli ini 37-40rb rupiah. 2. Castrol Activ 2T Oli dari keluarga Castrol ini menurut saya bagus juga. M