Skip to main content

Penyebab dan Mengatasi Vespa Ngempos/Brebet


Ketika vespa ngempos biasanya : 

1. Knalpot menembak nembak(meledak ledak)


2. Karburator meledak ledak

3. Tenaga loyo saat digas/kurang respon


Tenang scoots kali ini saya akan membagi ilmu tentang penyebab dan cara mengatasi jika vespa anda ngempos/brebet(bagi yang belum tau).                                                    


Biasanya ditandai dengan :

1. Pengapian yang kurang pas

2. Karburator kotor
3. Spuyer kotor(yang belum tau spuyer silahkan searching di google)
4. Busi menghitam
5. Setelan karbu keiritan (lean mixture)
6. Isapan jebol
7. Kondensor & Koil lemah

Cara mengatasinya yaitu :


1. Pengapian kurang pas : Cek pengapian dengan cara buka busi lalu cabut kepala koil ,lalu dekatkan kabel koil ke karburator . Api yang bagus yaitu api yang berwarna biru ,jika berwarna merah coba setel lagi platinanya.

2. Karburator kotor : Karburator kotor juga dapat mengganggu kinerja vespa anda, coba anda bersihkan secara rutin sebulan sekali menggunakan karbu cleaner,bisa juga menggunakan bensin.

3. Spuyer kotor : cara mengetahui spuyer kotor/tidak yaitu dengan membuka tutup karburator lalu buka kedua spuyer(main jet&pilot jet)lalu tiup tiup lubang2 kedua spuyer setelah ditiup cuci dengan bensin atai semprot dengan karbu cleaner

4.Busi menghitam : Copot busi dari head blok , lalu celupkan kepala busi ke bensin dan sikat dengan menggunakan sikat gigi/kain kering, karena busi yang menghitam tertutup jelaga oli dapat menghalangi percikan api . Setelah dibersihkan pasang kembali busi.

5.Vespa terlalu irit : ini saya pernah ngalamin ,vespa yang terlalu irit ditandai dengan sering brebet/ngempos ,overheat pada mesin(mesin cepat panas walaupun dipakai sebentar) . Cara mengatasinya yaitu mengganti spuyer anda dengan spuyer sesuai ukuran standard karburator anda . Anda bisa lihat ukuran standard spuyer vespa anda pada tabel berikut.

-> Gambar Tabel ukuran Mainjet,Pilotjet(spuyer)


6. Kondisi Isapan kurang bagus : isapan yang kondisinya sudah tidak bagus/jebol bisa menyebabkan bensin yang masuk ke ruang pembakaran akan kembali menyembur keluar sehingga membuat mesin menjadi lean(keiritan).

Sekian ilmu yang dapat saya bagikan,semoga bermanfaat.




Kata Kunci : penyebab vespa mogok,brebet,knalpot vespa meledak,nembak,karburator,spuyer,vespa super,sprint,px,ps,exclusive,mengatasi

Comments

  1. Kalau pakai karbu PE28 spuyer 45 masih nembak apakah harus dinaikan lagi ?
    Soalnya emang bener sih busi jadi putih (irit)
    nambahin olsam malah susah hidup

    ReplyDelete
  2. cara mengatasi karbu meledak ledak pak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Vespa 2T

Bingung memilih oli untuk vespa anda? Kali ini saya akan memberikan beberapa tips/rekomendasi untuk memilih oli untuk vespa terutama bermesin 2T. Dalam buku panduan vespa oli yang terbaik untuk vespa yaitu dengan tipe 20w-50 karena pas untuk iklim tropis di Indonesia dan yang terpenting JANGANLAH MEMBELI OLI SYNTHETIC karena tidak cocok untuk mesin vespa yang memiliki kerenggangan agak jauh antara gear. Spesifikasi yang tertera dalam setiap botol oli yaitu dikenal dengan API Service(suatu lembaga sertifikasi pelumas internasional).  Kode Lainnya yang tertera adalah SAE (Society of American Engineers) yang menunjukkan kekentalan oli sesuai dengan kebutuhan mesin.(ujar user toea_gila pada forum IVI). Kode API Service dimulai dari SA SB SC SD SE SF SG SH SJ SL dan yang tertinggi saat ini adalah SM. SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996) SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001) SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004) SM - untuk jen

Oli Samping Yang Recommend Buat Vespa

Halo scoot kali ini gue ingin sharing tentang penggunaan oli samping buat vespa yang recommend.  Tapi inget lho ini berdasarkan pengalaman pribadi gue/yang udah gue rasain sendiri pada motor gue. Kebetulan motor yang gue pake itu vespa excel  200   eh 150.  Ngebahas tentang oli samping ya pasti kalian udah ga asing kan? Ya ini berikut daftar - daftar oli samping yang  menurut gue  recommend buat vespa klasik! 1. Eneos City 2T Oli samping yang satu ini menurut ane oli samping buatan Jepang yang enak buat harian maupun jarak jauh. Dan yang harus kalian tau oli ini itu yang bikin ane berpaling dari Castrol hahaha(curhat dikit). Di mesin ga terlalu panas asal rajin ganti oli dan tarikan juga enak, itu sih yang saya rasain setelah saya pake oli itu di vespa saya walaupun baru sekali beli. Efek di busi warnanya sih ga merah bata tapi merah gelap. Oli ini 37-40rb rupiah. 2. Castrol Activ 2T Oli dari keluarga Castrol ini menurut saya bagus juga. M